SAHAJA YOGA

Sahaja Yoga 







Sahaja Yoga adalah gerakan spiritualitas yang memperkenalkan suatu metode yoga dengan meditasi sebagai aspek terpenting. Sahaja Yoga diperkenalkan oleh Ibu Shri Mataji Nirmala Devi (Nirmala Srivastava) sejak tahun 1970 dan telah tersebar ke seluruh penjuru dunia di hampir 100 negara. Metode yoga dalam Sahaja Yoga dimulai dengan proses pembangkitan kundalini (pencerahan-diri) dimana disebutkan bahwa seseorang dapat mengalami "keadaan tanpa pikiran" atau nirvichara samadhi, dan juga merasakan "angin sejuk" melalui telapak tangan mereka dan di atas kepala. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teknik meditasi dari Sahaja Yoga efektif untuk mengurangi stress dan mengobati penyakit-penyakit berhubungan dengan sistem syaraf dan psikologis seperti asma dan epilepsi 

Teknik dan ajaran

Cakra dan Nadi (saluran)

Teknik - teknik untuk pemula dalam Sahaja Yoga di dasarkan kepada sistem tubuh halus yang mencakup sistem cakra dan sistem nadi(saluran), yang bisa di analogikan dengan sistem syaraf dan sistem kelenjar dalam tubuh. Di dalam Sahaja Yoga, tiap cakra mempunyai aspek fisik sebagai simpul syaraf atau kelenjar, sedangkan sistem nadi mempunyai aspek fisik sebagai sistem saraf parasimpatik kiri, kanan, dan sistem syaraf tengah (central nervous system). Pada dasarnya, di Sahaja Yoga diperkenalkan tujuh cakra utama dan tiga saluran, dimana tiap cakra dan saluran berhubungan dengan aspek-aspek dari fisik, mental, emosi, dan spiritualitas dari seseorang. Dalam sistem ini, penyakit dilihat sebagai akibat dari ketidak seimbangan pada cakra tertentu atau pada saluran (nadi) tertentu.

Proses "pencerahan-diri"

Di dalam Sahaja Yoga, diajarkan bahwa sistem tubuh halus dapat diseimbangkan melalui proses yang dikenal sebagai "pencerahan-diri". Proses pencerahan-diri dijelaskan sebagai proses pembangkitan kundalini  yang diyakini dalam sahaja yoga sebagai energi bersifat "keibuan" yang tersimpan di dalam tulang sakrum setiap manusia. Proses pencerahan-diri atau pembangkitan kundalini adalah proses membangkitkan energi kundalini dari tulang sakrum sampai menembus cakra yang berada di kepala bagian atas yang letaknya di sekitar daerah limbik. Dikatakan dalam Sahaja Yoga bahwa ketika kundalini menembus cakra di kepala bagian atas, seseorang dapat merasakan "angin sejuk" di atas kepala mereka dan/atau di atas telapak tangan[.

 Sumber : Wikipedia bahasa Indonesia

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
animasi bergerak gif
animasi bergerak gif

 
bantulah kami agar tetap eksis mengembangkan ilmu metafisika untuk semua orang